LPDB-KUMKM Tawarkan Pemutihan Utang KUKM Korban Erupsi Kelud


Direktur Utama (Dirut) LPDB-KUMKM Kemas Danial menyatakan, utang para pelaku koperasi dan UKM (KUKM) yang mengakses dana bergulir dan menjadi korban erupsi Gunung Kelud bisa diputihkan melalui mekanisme yang sudah ditetapkan.

"Ada dua mekanisme yang akan kami tawarkan untuk KUKM korban bencana erupsi Kelud. Salah satunya diajukan kepada Kementerian Keuangan untuk diputihkan," kata Dirut Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB)-KUMKM Kemas Danial di Jakarta, Rabu (19/2).

Ia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan dua mekanisme, yakni pemutihan utang dan perkuatan modal kembali dengan penjadwalan ulang pengembalian maupun dengan keringanan suku bunga.

Namun, Kemas menekankan, seluruh mekanisme yang diambil itu benar-benar mengikuti prosedur yang telah ditetapkan.

"Data kami, di wilayah yang terkena dampak bencana ada sekitar 67 koperasi dengan plafond pembiayaan Rp120,405 miliar," katanya.

Di Kabupaten Blitar ada 3 koperasi dengan plafond pinjaman Rp4,950 miliar, Kabupaten Kediri ada 7 koperasi dengan plafond pinjaman Rp8,6 miliar, Kabupaten Malang 15 koperasi dengan Rp22,380 miliar, Kabupaten Tulungagung 20 koperasi dengan Rp23,7 miliar, Kota Kediri 1 koperasi dengan Rp125 juta. Dan Kota Malang 21 koperasi dengan plafond pinjaman Rp60,650 miliar.

Di Jawa Timur jumlah mitra atau koperasi yang menerima dana bergulir, sebanyak 279 dengan plafond pinjaman Rp491,4 miliar. Dari jumlah itu, sekitar 25 persen di antaranya berada di tangan mitra yang terdampak erupsi Gunung Kelud.

Pihaknya, menurut Kemas, akan segera menerjunkan tim ke koperasi atau mitra yang terdampak bencana tersebut, untuk mengetahui tingkat kerusakan sekaligus mengambil langkah terkait kelangsungan usaha mitra.

"Jika ada yang asetnya habis atau terbakar karena bencana, ini force majeur. Kami bisa ajukan rekomendasi untuk diputihkan," katanya.

Namun, jika ada mitra yang usahanya terdampak sebagian dan masih bisa melanjutkan atau memulihkan usahanya, akan diberi penawaran perkuatan modal kembali dengan perhitungan bunga yang sangat ringan maupun penjadwalan ulang pengembalian pembiayaan.

"Ini juga berlaku untuk korban bencana yang lain, seperti di kawasan erupsi Gunung Sinabung, banjir bandang Manado, maupun banjir di Jawa Tengah dan Jakarta," katanya. (Ant/DS)

http://skalanews.com/berita/detail/168298/LPDB-KUMKM-Tawarkan-Pemutihan-Utang-KUKM-Korban-Erupsi-Kelud

 

Lembaga Pengelola Dana Bergulir - KUMKM

Jl. Letjend. MT. Haryono Kav. 52-53
Jakarta 12770 - Kotak Pos 4370
Telp. 021-7901440, 7990756
Fax. 021-7989746

Copyrights © 2014. LPDB. All Rights Reserved