Kemkeu Jalin Kesepakatan BLU dengan 19 Kementerian/Lembaga


Jakarta - Dalam rangka meningkatkan sinergi dan upaya pembinaan terhadap Badan Layanan Umum (BLU), Menteri Keuangan secara resmi menandatangan Nota Kesepahaman dengan Menteri/Pimpinan Lembaga/Ketua Dewan Kawasan yang membawahi BLU.

Kementerian/Lembaga/Dewan Kawasan yang membawahi BLU terdiri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, Kepolisian RI, Kementerian Perhubungan, Kementerian Koperasi dan UKM, Sekretariat Negara, Kementerian Pertanian, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Energi dan SDM, Kementerian Ristek, Kementerian Kehutanan, Kementerian PU, Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Perindustrian, BPPT, LAPAN, Dewan kawasan Batam dan Dewan Kawasan Sabang.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan sesuai, ketentuan peraturan perundang undangan No 1 Tahun 2004 tentang perbendaharaan negara dan PP No 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan BLU, pembinaan BLU terdiri dari pembinaan aspek keuangan yang dilakukan Kemenkeu dan pembinaan teknis yang dilakukan Kementerian/Lembaga.

Menurut dia, sinergi pembinaan BLU menjadi suatu hal yang sangat penting untuk mendorong perkembangan dan pertumbuhan BLU terutama peningkatan kualitas layanan publik.

"Kualitas layanan publik merupakan tujuan pembentukan BLU maka dari itu perlu koordinasi yang kuat antara Menkeu dan Kementerian yang membawahi BLU," ujar dia dalam acara " Penandatanganan Nota Kesepahaman BLU" di Kantornya, Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (23/4).

Chatib mengatakan, sinergi pembinaan juga diharapkan dapat mendorong terwujudnya tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel. Kebijakan pembentukan BLU menjadi pilihan rasional karena BLU tidak akan optimal apabila satuan kerja (satker) tidak dilibatkan.

Fungsi BLU, kata Chatib, memberikan layanan publik berupa penyediaan barang/jasa, pengelolaan dana dan pengelolaan kawasan. Sejak dibentuk pertama kali pada 2006, BLU selalu mengalami perkembangan.

Menurutnya, sampai saat ini sudah terbentuk sekitar 134 BLU dengan bidang layanan yang semakin bervariasi diantaranya BLU di bidang pendidikan terdapat PTN, di bidang kesehatan terdapat rumah sakit dan balai kesehatan atau laboratorium, di bidang lainnya terdapat pengelola dana seperti Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) serta pengelola kawasan seperti Batam dan Sabang.

"Kontribusi BLU dalam keuangan negara juga semakin positif dan optimal," ujar dia

Chatib mengatakan kontribusi BLU dalam keuangan negara terus meningkat dari Rp 3,7 triliun pada 2008 menjadi Rp 22,5 triliun pada 2013. Ia berharap ke depannya keberadaan BLU dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

http://www.beritasatu.com/ekonomi/179659-kemkeu-jalin-kesepakan-blu-dengan-19-kementerianlembaga.html

 

Lembaga Pengelola Dana Bergulir - KUMKM

Jl. Letjend. MT. Haryono Kav. 52-53
Jakarta 12770 - Kotak Pos 4370
Telp. 021-7901440, 7990756
Fax. 021-7989746

Copyrights © 2014. LPDB. All Rights Reserved