Menteri KUKM: Koperasi Setara dengan BUMN dalam 5 Tahun

Jakarta - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (menteri KUKM), AAGN Puspayoga menargetkan, dalam waktu minimal lima tahun ke depan, koperasi di Indonesia bisa sejajar dengan badan usaha milik negara (BUMN).

"Minimal lima tahun saya menjabat, sekarang embrionya sudah ada kan," kata Puspayoga, setelah kunjungan kerjanya ke Bali, Minggu (28/6).

Menteri mengatakan, kementeriannya telah mengembangkan beragam program yang memungkinkan target itu bisa terwujud.

Ia menjelaskan, sejumlah program pendukung penguatan koperasi yang dikembangkan di antaranya penyusunan database koperasi dan memangkas bunga KUR.

"Pokoknya, kantong UKM kita upayakan bisa bertambah. Untuk apa kantong ini, untuk menambah modal bisa kan begitu. Untuk sewa kios bisa, untuk beli toko bisa ada sebuah realita yang dia dapatkan ketika dia berdagang," katanya.

Sementara, terkait perlu tidaknya bank koperasi, Puspayoga menilai Indonesia tidak memerlukan lebih banyak lembaga, namun hanya perlu mengoptimalkan yang sudah ada, misalnya cukup dengan memangkas suku bunga KUR.

"Saya pikir, kalau ini dioptimalkan tidak perlu lagi bank koperasi. Kalau sudah dioptimalkan, mengapa banyak membuat lembaga lagi. Yang penting, berani tidak bank itu memberi sembilan persen tahun depan," katanya.

Apalagi, ia menegaskan, Indonesia punya Lembaga Pengelola Dana Bergulir KUKM.

Selain itu, ada tiga proyek bernama kredit usaha produktif, yang saat ini telah berjalan di Kudus, Jawa Tengah, dan sedang diupayakan agar bisa direplikasi di kabupaten-kabupaten lain di Indonesia.

Pihaknya juga mengembangkan program Izin Usaha Mikro Kecil, akta notaris gratis, dan hak cipta yang gratis bagi KUMKM.

Puspayoga optimistis, koperasi di Indonesia bisa besar, karena sebagian besar di antaranya juga telah membuktikan diri sebagai badan usaha yang mampu bersaing dengan pelaku usaha lain.

/FAB

Antara

Sumber:

http://www.beritasatu.com/ekonomi/286459-menteri-kukm-koperasi-setara-dengan-bumn-dalam-5-tahun.html

Lembaga Pengelola Dana Bergulir - KUMKM

Jl. Letjend. MT. Haryono Kav. 52-53
Jakarta 12770 - Kotak Pos 4370
Telp. 021-7901440, 7990756
Fax. 021-7989746

Copyrights © 2014. LPDB. All Rights Reserved