Forwakop Gelar FGD Bersama LPDB-KUMKM Bahas Koperasi dan UKM Agar “Naik Kelas”

Direksi Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan UKM (LPDB-KUMKM) menghadiri Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Forum Wartawan Koperasi (Forwakop) di Gedung Smesco Jakarta, Selasa (13/8). Bertema “13 Tahun Kiprah LPDB-KUMKM Dalam Mengembangkan Koperasi dan UKM”, acara ini diharapkan memberi manfaat bagi pelaku usaha khususnya koperasi dan UKM di Indonesia terkait perkuatan modal usaha.

 Hadir di antaranya, Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo, Direktur Umum dan Hukum LPDB-KUMKM Jaenal Aripin, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Koperasi dan UMKM M. Lutfi, Direktur Eksekutif INDEF Enny Sri Hartati, Rektor Institut Koperasi Indonesia (Ikopin) Burhanuddin Abdullah, wartawan, mahasiswa, dan para penggiat koperasi dan UKM di Indonesia.

 Braman mengatakan acara ini penting diadakan guna memberi informasi kepada masyarakat perihal keberadaan LPDB-KUMKM di tengah masyarakat. "LPDB yang merupakan satuan kerja (satker) Kementerian Koperasi dan UKM diberi mandat untuk menyalurkan dana bergulir kepada koperasi dan UKM yang sumbernya dari APBN. Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan dana tersebut bagi perkuatan usahanya," kata Braman.

 Lebih lanjut Braman mengatakan bahwa sejak awal penyaluran di tahun 2008 sampai Juli 2019, LPDB-KUMKM telah menyalurkan Rp9,3 triliun, yang disalurkan kepada 3.005 mitra di Indonesia. Sementara untuk target penyaluran tahun 2019 sebesar Rp1,5 triliun, dan sampai dengan akhir Juli 2019 sudah tersalurkan sebesar Rp880 miliar.

 “LPDB-KUMKM menawarkan bunga yang sangat murah, yakni 4,5 persen per tahun menurun untuk sektor nawacita (pertanian, perikanan, perkebunan), 5 persen per tahun menurun untuk sektor riil, 7 persen per tahun menurun untuk sektor simpan pinjam,” ujar Braman.

 Melalui prinsip kerja prudent  atau kehati-hatian, tingkat kemacetan atau non-performing loan LPDB-KUMKM masih di bawah 5 persen. “Seluruh mitra LPDB tidak lepas dari monitoring dan evaluasi yang berkelanjutan dari tim kami. Dengan strategi dan kebijakan Paradigma Baru: Trisukses, yaitu sukses penyaluran, sukses pemanfaatan, dan sukses pengembalian, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan yang tepat guna dan tepat sasaran kepada seluruh mitra LPDB,” sambungnya.

 Terobosan LPDB di Usia Ke-13

 Setiap tanggal 18 Agustus diperingati sebagai ulang tahun LPDB. Mulai dari tahun 2006, hingga sekarang berusia 13 tahun, ibarat seorang anak beranjak remaja yang gemar melakukan hal-hal baru, LPDB-KUMKM terus menciptakan terobosan-terobosan baru dalam penyaluran dana bergulir.

 Diungkapkan Braman, pihaknya mendapat kepercayaan dari Menteri Koperasi dan UKM untuk membuat kebijakan-kebijakan terbaik untuk LPDB. Di antaranya, kerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM selindo, kerjasama dengan lembaga penjamin seperti Jamrida/Jamkrindo/Askrindo, lembaga keuangan bank (LKB/LKBB), Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Dana Bergulir dan perusahaan teknologi keuangan (fintech).

 “Sesuai dengan semangat yang digaungkan Bapak Menkop menuju era revolusi industri 4.0 dalam perayaan Hari Koperasi Nasional ke-72 pada Juli 2019 lalu, kami pun terus bertransformasi menuju digitalisasi layanan. Tantangan baru LPDB bukan sekedar cara pelayanan, namun juga mengubah mindset dalam sistem dan prosedur secara menyeluruh. Reformasi Standar Operasional Prosedur(SOP), kreativitas dan inovasi layanan, serta peningkatan mutu SDM, menjadikan peluang besar bagi LPDB untuk berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

 “Kita terus berperan dalam mewujudkan program pemerintah di bidang pembiayaan koperasi dan UKM sebagai upaya meningkatkan produktivitas dan daya saing ekonomi rakyat. Hal ini terlihat dari meningkatnya angka tenaga kerja dan menurunnya angka kemiskinan. Upaya ini diharapkan sejalan dengan arahan Bapak Presiden Republik Indonesia, bahwa koperasi dan UMKM harus naik kelas,” pungkas Braman.

 Jakarta, 13 Agustus 2019

Humas LPDB-KUMKM

Lembaga Pengelola Dana Bergulir - KUMKM

Jl. Letjend. MT. Haryono Kav. 52-53
Jakarta 12770 - Kotak Pos 4370
Telp. 021-7901440, 7990756
Fax. 021-7989746

Copyrights © 2014. LPDB. All Rights Reserved